082267112451 handi_yan@yahoo.com

Mengenal dan Cara Membuat Website Desa Dari Nol

Website desa adalah sarana informasi yang sangat efektif untuk memberikan informasi uptodate tentang pembangunan di desa. Juga bisa digunakan untuk sarana marketing memperkenalkan potensi dan produk desa. Namun tidak semua orang mengenal dan bisa membuat website dengan menarik. Untuk kita akan mengenal apa itu website desa dari nol.

Apakah website desa itu ?

Website desa adalah media informasi yang berbasis internet yang bisa diakses 24 jam. Website ditaruh di hosting atau server virtual di tempat kita menyewa hosting. Agar bisa online dan bisa dikunjungi semua orang maka website yang dibuat harus di-online-kan dengan menaruhnya di hosting.

Apakah Hosting Berbayar ?

Hosting disediakan oleh pihak swasta dan berbasis profit. Sehingga untuk menggunakannya kita harus menyewanya. Biasanya durasinya antara 6 bulan, setahun dan beberapa tahun sekaligus. Jika masa sewa habis dan tidak diperpanjang maka website tidak bisa diakses. Harga sewa hosting biasa antara 15 ribu setiap bulan.

Bisakah menggunakan hosting gratisan seperti blogger ? Tentu saja bisa namun memiliki banyak sekali kekurangan tentunya karena gratis. Terbatasnya pilihan tampilan, desain kurang menarik, fitur plugin yang tidak bisa lengkap layaknya menggunakan wordpress.

Apakah WordPress itu ?

WordPress adalah tools untuk membuat website. Layaknya seperti microsoft word untuk mengetik. Maka wordpress adalah CMS yang paling banyak digunakan untuk membuat website di dunia saat ini. Selain penggunaannya mudah. WordPress juga memiliki banyak keunggulan lain yang akan kita bahas di laman lain.

Apakah Domain Desa itu ?

Domain desa adalah sebuah alamat website yang khusus dibuat untuk desa. Hal ini sesuai dengan UU yang dibuat pemerintah untuk mendukung website desa. Namun ada beberapa juga yang menggunakan website dengan domain .com .id. Namun disarankan menggunakan dengan domain desa id seperti contah berikut naga-desa.id

Bagaimana Cara Membuat Website desa ?

Pertama dengan mengurus domain desa di kominfo. Dengan mengunjungi web kominfo berikut : https://layanan.kominfo.go.id/ sebelumnya anda harus mendaftar dengan email biasa seperti gmail.com atau yahoo.com. Namun setelah terdaftar anda harus membuat pns.mail, dengan memenuhi syarartnya seperti SK pegawai desa, KTP, dan mengisi data yang diperlukan.

Kedua : Membeli Hosting. Hosting adalah tempat kita menyimpan data website kita. Bisa membelinya di tempat penjual hosting seperti rumahweb, jagoanhosting, idwebhost.com dll

Ketika : Menyambungkan Hosting dengan domain desa.id jika sudah beres pembuatan domain desa.id di kominfo.

Ketiga : Instalasi website di hosting.

Keempat : Desain tampilan website desa.

Lima : Pengisian Data Desa

Enam : Penayangan Website.

Demikian informasi tentang website desa yang bisa kami berikan. Buat anda yang memiliki kesulitan dalam membuat website desa. Kami siap membantu anda. Anda juga menyiapkan data yang kami perlukan. dan semua kami kerjakan hingga beres. Kami juga akan membantu anda di kemudian hari jika mengalami kesulitan dalam mengupdate website kita.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *